Cerita Tentang Seorang Tukang Cuci,

Seekor Keledai Dan Seekor Anjing

 

Dahulu kala, di kota Varanasi, hidup seorang tukang cuci.

 

Pada suatu malam, saat dia sedang tertidur, seorang pencuri masuk ke dalam rumahnya untuk mencuri apa saja yang gampang diperoleh.

 

Pada saat tersebut, di sudut halaman rumah tukang cuci itu, ada keledainya yang diikat dengan tali, sementara anjingnya duduk di dekat sana.

 

Pada waktu keledai melihat pencuri masuk rumah, dia berkata kepada anjing, ”Teman! Pasti ini tugasmu untuk  membangunkan majikan kita!"

 


 

“Jangan bicara dengan saya tentang tugasmu, ”jerit anjing.” Kamu tahu cukup baik bahwa saya telah menjaga rumah ini untuk waktu yang lama sekali. Dan majikan dari dulu tidak pernah perlu khawatir tentang apapun. Tapi baru-baru ini dia tidak memberi makanan yang cukup kepada saya, jadi saya tidak perlu peduli tentang apa yang akan terjadi kepadanya.”

 

“Dengar, bodoh,” ringkik si keledai. ”Pasti ini bukan waktunya untuk mengeluh. Ini waktu untuk bertindak. Lakukan sesuatu! Bangunkan majikan! Cepat!”

 

“Tidak” jawab anjing dengan tajam. ”Saya menghukumnya untuk menjaga pembantu-pembantunya hanya waktu dia perlu bantuannya.”

 

“Binatang dengan pikiran jahat,” timpal si keledai. ”Kamu mengabaikan tugasmu pada waktu kamu paling diperlukan. Baik, saya akan melakukan tugasmu dan membangunkan dia.”

 

Kemudian keledai meringkik begitu keras sampai tukang cuci terbangun. Pencuri itu cepat-cepat bersembunyi. Tukang cuci melihat sekelilingnya dan ia tidak melihat siapapun.

 

Dia merasa sangat marah dan sambil memgambil sepotong kayu, ia pergi ke halaman rumahnya dan mulai memukul si keledai yang malang. Sang keledai pun mati sambil mengharap bahwa dia seharusnya tidak perlu ikut campur dalam urusan orang lain.

 

Story I in English Story II in English Story I in German
Story II in German Story I in Indonesia Story in Sindhi
Story I in Marathi Story II in Marathi Home